Ingin Rafting di Pangalengan tapi Tak bisa Berenang? Ini Dia Tipsnya

Salah satu alasan yang seringkali disampaikan orang yang enggan mencoba rafting di Pangalengan adalah mereka tak bisa atau belum mahir berenang. Alasan ini memang sangat wajar karena bagaimanapun kegiatan rafting sangat erat kaitannya dengan aktivitas di air. Dengan tidak memiliki kemampuan untuk berenang, banyak orang mungkin akan merasa panik ketika berada di dalam air seperti takut tenggelam ataupun terseret arus. Padahal, kegiatan rafting sebenarnya bisa dilakukan oleh siapa saja termasuk mereka yang tak bisa berenang sekalipun. Berikut adalah beberapa tips yang akan membuat Anda yang tak bisa berenangpun mau mencoba menikmati aktivitas rafting.

Rafting di Pangalengan

Tips Rafting di Pangalengan meski Tak bisa Berenang

Sebelum Anda memutuskan untuk memilih lokasi untuk bermain rafting di Pangalengan Anda sebaiknya memahami bagaimana karakteristik sungai yang Anda tuju terlebih dahulu. Hal ini sangat penting untuk dilakukan sehingga Anda pun bisa merasa aman dan nyaman untuk berkegiatan rafting. Sungai dengan jeram yang tinggi pastinya kurang cocok bagi pemula terlebih yang tak memiliki kemampuan berenang. Oleh karena itu, Anda bisa memilih sungai dengan jeram yang sedang. Selain itu, Anda sebaiknya juga memperhatikan tentang zona ekstrem yang ada di sungai tersebut. sungai dengan tingkat jeram 3 ataupun 4 sepertinya bisa menjadi pilihan yang menarik bagi Anda untuk mencoba kegiatan rafting meskipun tidak mahir berenang.

Hal lain yang perlu diperhatikan ketika Anda merencanakan untuk melakukan aktivitas rafting di Pangalengan dengan ketidakmampuan Anda dalam berenang adalah Anda sebaiknya memilih operator yang menyediakan jasa wisata rafting profesional dan berpengalaman. Dalam hal ini, Anda bisa melihat di kolom komentar dari pengunjung yang pernah mendapatkan pelayanan serta fasilitas dari operator tersebut apakah lebih banyak yang memberikan penilaian positif atau justru sebaliknya. Dengan memilih operator yang berkualitas dan profesional, Anda pun akan merasa lebih aman dan nyaman dalam melakukan aktivitas rafting.

Rafting di Pangalengan

Biasanya operator penyedia jasa rafting akan menyiapkan sejumlah fasilitas dan peralatan rafting seperti helm, jaket pelampung, ataupun lainnya. pastikan bahwa semua fasilitas dan peralatan yang digunakan dalam kondisi yang bagus serta sesuai dengan standar keselamatan. Selain itu, Anda sebaiknya juga memperhatikan serta mengikuti instruksi serta peraturan dari tim instruktur rafting yang memandu Anda. Anda sebaiknya tak pernah menyepelekan apa yang disampaikan tim pemandu karena hal ini juga demi keselamatan dan keamanan Anda selama menjalani kegiatan rafting. Ketika tiba-tiba terjadi hal yang tak terduga seperti perahu terbalik ataupun Anda terlempar dari perahu, Anda sebaiknya tidak panik, Anda sebaiknya mengikuti instruksi dari pemandu rafting di Pangalengan untuk membantu Anda.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *